Saat Berbicara dengan Si Kecil

Foto: Myfamilyadvices.com

Tentangwanita.net - Berbicara dengan si kecil tidak bisa disamakan dengan cara berbicara dengan orang dewasa. Ada beberapa cara berbicara agar si kecil paham dengan maksud Anda;

Karena itu ketika berbicara dengan Si Kecil, lakukan seperti berikut ini:

1. Kalimat pendek. Lebih baik menggunakan kalimat pendek untuk meminta Si Kecil melakukan sesuatu yang benar dari pada melarang mereka berhenti melakukan yang salah. Misalnya, "Makan yang sehat", lebih baik daripada, "Jangan makan cokelat itu."

2. Kalimat dan pesan positif yang diulang lebih baik dari pada larangan yang diulang.

3. Nada lembut tapi tegas. Dibanding nada marah dan tajam karena hanya akan menimbulkan reaksi emosional Si Kecil bukan proses berpikir.

4.Saat berbicara sebaiknya ajak Si Kecil duduk, atau buat posisi mata Anda sejajar dengan matanya. Ini supaya Anda mendapatkan perhatiannya, dan ia tetap fokus dengan apa yang akan Anda katakan.

Tapi, pastikan kontak mata Anda tidak terlalu intens sehingga Si Kecil menganggap pandangan mata itu sebagai cara berkomunikasi bukan mengontrol.

5. Awali kalimat yang berisi permintaan dengan menyebutkan nama Si Kecil, misalnya "Sally, bisa tolong"

6. Sesuaikan pengarahan Anda dengan usia Si Kecil. Semakin kecil usianya, sebaiknya kalimat yang Anda gunakan semakin pendek dan sederhana. Pertimbangkan tingkat pemahaman anak Anda.

7. Jangan berteriak! Ketika Anda sedang emosi, sebaiknya pulihkan emosi Anda terlebih dahulu.

(Source: Majalah Mother&Baby)




0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
-