Tips Wanita: Latihan Beban Atasi Otot Menyusut


Tentang Wanita - Tips Wanita: Bukan rahasia umum jika latihan beban dapat meningkatkan laju metabolisme sekaligus membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara tepat dan teratur.

Latihan beban
Foto : smartdetox.com
Setiap 10 tahun, metabolisme manusia akan mengalami penurunan dan melambat sekitar tiga persen, massa otot mulai menyusut, dan produksi lemak tubuh kian bertambah. Itulah sebabnya mengapa kita merasa lebih gemuk ketika usia bertambah.

Menurut Denny Santoso, selaku fitness trainer dan founder & CEO duniafitnes.com, "Agar tidak terjadi penurunan metabolisme, sebaiknya mulai lakukan latihan beban dari sekarang." tutur Denny menyarankan.

"Latihan beban adalah latihan terbaik untuk meningkatkan dan membangun massa otot. Jika dikombinasikan dengan latihan kardio, latihan beban juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan." ungkapnya menjelaskan.

Studi menunjukkan bahwa latihan beban selama tiga bulan secara rutin 15-20 menit sehari (2-3 kali seminggu) dapat menambah otot kurang lebih 1,4 kg.

Latihan beban juga dapat meningkatkan metabolisme sebanyak tujuh persen dan membantu membakar 105 kalori ekstra setiap harinya.

Berikut 5 tip dari Denny Santoso saat memulai latihan beban, diantaranya :

1. Pilih Beban Yang Tepat
Beban yang ringan tidak akan memberi otot kita tantangan untuk mendapatkan kekuatan maksimal. Tapi jangan menggunakan beban terlalu berat karena risikonya adalah cedera. Gunakan beban sesuai kemampuan, kemudian tambahkan secara bertahap.

2. Lakukan Perlahan
Gerakan yang terlalu cepat menyebabkan risiko cedera dan tidak efektif untuk membangun kekuatan, karena otot memerlukan adaptasi. Lakukan gerakan mengangkat selama dua detik dan empat detik untuk menurunkan beban.

3. Atur Nafas
Beberapa gerakan menjadi lebih sulit dan bahkan mengacaukan tekanan darah. Buang nafas saat kontraksi dan tarik nafas saat melepaskan beban.

4. Buatlah Program Latihan Yang Baik
Program latihan beban haruslah tersusun dengan baik dan teratur. Buatlah Program latihan beban secara terperinci seperti misalnya, Hari Senin untuk melatih otot dada, Rabu untuk melatih otot kaki, Kamis untuk melatih otot punggung dan seterusnya. Jangan berlatih selama satu minggu penuh. Sisakan 1-2 hari untuk istirahat dari sesi latihan.

5. Mulailah Konsumsi Makanan Sehat
Satu hal yang tak kalah penting dari program latihan adalah mengonsumsi makanan sehat terutama buah-buahan dan sayuran. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori dan tinggi lemak, gantikan dengan makanan tinggi protein seperti dada ayam, telur, dan daging.

(Oleh: Diah Kurnia / www.ghiboo.com)

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
-