Anak Demam? Perhatikan Hal Penting Ini!

Anak Demam - Anak Panas?

Saat anak didera sakit demam disertai panas tinggi tentu orang tua akan merasa panik, terlebih bagi pasangan suami istri yang baru dikaruniai anak dan anak mereka sakit demam disertai panas tinggi, tentu kepanikan dan kecemasan akan semain menjadi.

Sakit demam disertai panas tinggi jika ditangani dengan lamban atau proses penanganannya tidak tepat akan sangat membahayakan jiwa, karena dalam beberapa kasus serupa telah berujung pada kematian. Namun bunda jangan khawatir, karena jika kita cepat dan tepat menangani sakit demam pada buah hati, demam tidak akan menjadi penyakit yang menakutkan.

Anak panas - anak demam
Foto: smallbiztrends.com 

Berikut ini beberapa hal penting yang harus dicermati pada saat buah hati kita didera sakit demam:
  • Jika anak Anda berusia kurang dari tiga bulan dan suhu tubuh lebih dari 37,5°C, maka segeralah menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih intensif.
  • Sebelum anak dibawa kedokter sebaiknya diberikan pertolongan pertama, yaitu kening ditempelkan plester penurun panas. Lalu pantau terus perkembangan suhu tubuh (setiap 3 atau 4 jam sekali).
  • Amati pola makan anak, karena sakit demam disertai panas kerap terjadi karena pola makan yang salah.
  • Jangan memakai pakaian tebal, gunakan pakaian berbahan kaos yang lembut dan nyaman, agar sirkulasi suhu tubuh terjadi dengan baik.
  • Beri minum yang banyak agar tidak terjadi dehidrasi.
  • Beri makanan yang lembut, seperti bubur nasi yang dilengkapi dengan lauk dan sayuran yang bergizi.
  • Bila suhu tubuhnya berkisar 38-39°C, Anda dapat memberikan obat penurun panas, pemberian obat penurun panas dapat dilakukan setiap 4-6 jam sekali. Bila sampai tiga hari panas tidak juga turun, segera bawa anak ke dokter.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
-